Tangan Kebas Sebelah Kiri, Penyebabnya Tak Hanya Serangan Jantung




Tangan kebas samping kiri dapat dikarenakan oleh luka sampai penyakit serangan jantung Sudah pernahkah tangan Anda berasa kebas atau kesemutan waktu bangun tidur? Bila ya, dapat jadi itu sebab tempat tidur yang keliru. Tetapi sebetulnya, terdapat beberapa lagi pemicu kesemutan di tangan, khususnya tangan kebas samping kiri.

Apa pemicu tangan kebas samping kiri?Ada bermacam pemicu tangan kiri kesemutan. Dari mulai saluran darah yang tidak lancar sampai penyakit serangan jantung. Silahkan baca penuturannya berikut ini:

Saluran darah yang tidak lancar

Bila tangan samping kiri Anda kebas, kemungkinan itu dikarenakan oleh saluran darah yang tidak lancar. Situasi ini bukan satu penyakit, tetapi tanda-tanda.

Untuk contoh, permasalahan pada vaskular bisa mengubah pembuluh darah arteri serta vena hingga saluran darah terusik. Situasi ini seringkali dirasakan oleh pasien diabetes melitus, hipertensi, serta tidak berhasil ginjal, tetapi juga bisa berlangsung karena luka serta tumor.

Kecuali kebas pada tangan, Anda dapat alami ngilu, bengkak, perkembangan warna pada ujung jemari, dan tangan serta jemari tangan merasa dingin.

Perlakuan untuk masalah pembuluh darah mencakup pembebatan dengan pressure wrap atau pembedahan. Dokter akan tentukan penyembuhan yang sesuai pemicunya.

Patah tulang

Patah tulang dapat juga mengakibatkan kesemutan di tangan kiri, jika tangan kiri Anda yang patah. Sebaliknya, rasa kebas di tangan kanan akan berlangsung bila patah tulang dirasakan oleh tangan kanan. Selain itu, ngilu serta lebam dapat juga berlangsung.

Untuk patah tulang yang mudah, penempatan gips bisa menolong proses pengobatan. Tapi bila situasi patah tulang termasuk berat, diperlukan operasi buat memantapkan tempat tulang Anda.

Gigitan serangga

Ada beberapa jenis reaksi yang dapat berlangsung bila Anda digigit serangga. Diantaranya ialah tangan yang kebas.

Pertama kali, tenangkan diri Anda serta kerjakan pertolongan pertama untuk mengatasi cedera. Cuci ruang gigitan dengan air bersih serta tempatkan kompres dingin di atasnya. Anda dapat juga konsumsi obat antihistamin untuk menolong dalam menurunkan gatal-gatal.

Tetapi cepatlah ke dokter jika gigitan serangga membuat Anda alami sesak napas, pembengkak (khususnya di tenggorokan, bibir, serta mata), mual, muntah, detak jantung cepat, serta perasaan melayang-layang seperti ingin tidak sadarkan diri.

Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome atau sindrom lorong karpal salah satu situasi yang mengakibatkan tangan kiri kesemutan. Kecuali sensasi kesemutan, Anda dapat juga alami ngilu.

Penyakit ini dapat berlangsung jika Anda kebanyakan kerja memakai tangan serta jari-jari tangan. Contohnya, kelamaan menulis atau menulis.

Bila Anda berasa tangan kebas samping kiri dikarenakan oleh sindrom ini, coba untuk istirahatkan tangan sesaat. Anda bisa membuat kompres dingin dengan memakai es batu berbalut kain serta melekatkannya di tangan buat menurunkan ngilu serta lebam.

Jumpai dokter bila tanda-tanda tidak segera hilang serta sudah mengganggu kesibukan Anda. Dokter umumnya mereferensikan pemakaian splint atau bidai pergelangan tangan, mengonsumsi beberapa obat, atau pembedahan.


Multiple sclerosis atau sklerosis ganda adalah masalah saraf yang bisa mengakibatkan tangan kebas samping kiri. Anda dapat juga alami tanda-tanda berbentuk mati rasa pada kaki, susah bicara, serta sulit fokus.

Sampai sekarang ini, belumlah ada obat yang ada untuk mengobati multiple sclerosis. Perlakuan yang diberi oleh dokter mempunyai tujuan perlambat perubahan penyakit serta menurunkan tanda-tanda yang menimpa Anda.

Stroke

Stroke berlangsung saat pembuluh darah ke arah otak pecah atau terhalang. Ini bisa mengakibatkan kebas pada tangan atau kaki, badan yang loyo, ketidaktahuan, susah bicara, serta kelumpuhan pada satu bagian muka.

Bila Anda atau orang paling dekat Anda alami tanda-tanda itu, selekasnya ke rumah sakit paling dekat. Stroke termasuk untuk situasi klinis serius yang membutuhkan perlakuan genting.

Jika telat diatasi, stroke dapat menyebabkan kompleksitas seperti caacat permanen sampai kematian. Perawatan untuk stroke biasanya mencakup pemberian beberapa obat pencair darah, operasi, dan fisioterapi pascastroke.

Penyakit serangan jantung

Di samping ngilu dada, sesak napas, serta keringat dingin, penyakit serangan jantung dapat juga diikuti dengan tangan kebas samping kiri.

Sama dengan stroke, penyakit serangan jantung memerlukan perlakuan secepat-cepatnya. Untuk menahan kerusakan yang semakin kronis, dokter akan bertindak berbentuk pemberian beberapa obat serta operasi. Program rehabilitasi jantung direferensikan untuk mengembalikan peranan jantung Anda sesudah terserang gempuran.

Migrain hemiplegia

Migrain hemiplegia ialah tipe migrain langka yang bisa mengakibatkan kekurangan pada satu bagian badan. Tidak cuma sakit di kepala di satu bagian, Anda dapat juga alami tangan kebas samping kiri, mual, serta peka pada sinar.

Perlakuan untuk migrain dengan pemberian beberapa obat. Perlu diskusi klinis untuk tentukan tipe obat yang pas dengan situasi Anda.

Kecuali penyakit serta situasi klinis itu, ada juga beberapa hal yang lain yang dapat mengakibatkan tangan kebas samping kiri. Dari mulai spondilosis servikal, kurangnya vitamin B12, sindrom Wernicke-Korsakoff, sampai penyakit Lyme.

Kapan harus ke dokter?Tangan kebas samping kiri yang berjalan sesaat bukan permasalahan serius. Tetapi bila rasa kebas terus berasa serta Anda tidak paham apa pemicunya, selekasnya kontrol diri Anda ke dokter.

Anda harus juga siaga serta memeriksa diri ke rumah sakit bila tangan kebas dibarengi dengan beberapa gejala di bawah ini:

Ngilu dada

Sakit pada punggung, rahang, serta pundak

Perkembangan warna kulit

Bengkak

Susah bernapas

Sakit di kepala yang tiba-tiba

Kelumpuhan di wajah

Mual serta muntah

[[artikel-terkait]]

Tangan kebas samping kiri dapat dipacu oleh beberapa hal. Walau tidak semua pemicunya serius, Anda harus tetap siaga bila situasi ini berjalan lama atau dibarengi dengan tanda-tanda lain yang mengganggu.

Selekasnya kontrol diri ke dokter supaya Anda dapat memperoleh analisis serta perlakuan yang pas. Janganlah sampai situasi Anda terlalu lama serta usai dengan kompleksitas.

Postingan populer dari blog ini

The DWP published no rationale for the closure of individual jobcentres.

Globally, burning fossil fuels kills almost 9 million people annually, a death toll larger than any recent war.

Food’s connection to home